Daftar Buku

Tuesday, 14 April 2009

Pengungsi Situ Gintung Tempati Hunian Sementara

Ciputat, SerpongKita.com- Sejumlah warga korban bencana jebolnya Situ Gintung mulai menempati rumah hunian sementara (huntara) di kawasan Wisma Kertamukti, Jumat (10/4). Sebelumnya para pengungsi itu mendiami tenda-tenda yang dipasang di lapangan Wisma Kertamukti.

Menurut Ardi, salah satu pengungsi yang menempati salah satu tenda itu, mengungkapkan, dirinya dan keluarganya sangat berharap untuk secepatnya pindah dari tenda. Sebab, menurut dia, jika dirinya dan keluarganya tinggal di tenda, merasa kedinginan jika malam hari tiba. "Apalagi kalau hujan angin, tenda ini goyang," ungkapnya Jum'at (10/4).

Senada dengan Ardi, Iksa mengatakan jika hujan mengguyur, air genangan di lapangan Wisma Kertamukti akan meninggi dan mengakibatkan air masuk ke dalam tenda. "Kalau air masuk kita harus mengepel biar cepat kering. Bahkan, kadang-kadang kasur basah akibat air yang masuk tenda itu," ungkapnya.

Asda I Pemkot Tangerang Selatan, Ahadi, mengatakan, pemindahan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan untuk para pengungsi bencana Situ Gintung. "Sebab, huntara yang baru dibangun ini seperti rumah," kata Ahadi.

Menurut Ahadi, pembangunan huntara sebanyak 24 unit, dapat menampung pengungsi hingga satu tahun. Bangunan ini terbuat dari batako setinggi kurang lebih 80 sentimeter dengan ditambah triplek yang menutupi ruangan huntara. Atap huntara ditutup dengan asbes.

Berdasarkan pantauan SerpongKita.com, lantai seluas empat kali lima meter di ruangan huntara ditutup dengan tikar. Selain tikar, para penghuni juga diberikan beberapa kasur dilengkapi dengan bantal dan guling. Terlihat sebagian penghuni merebahkan badannya di atas kasur itu. Di belakang huntara, para pekerja dibantu puluhan anggota TNI terlihat sedang membangun dapur umum.

Rencananya, tenda-tenda sementara akan digulung jika para pengungsi sudah menempati huntara. Satu ruang huntara menampung satu kepala keluarga (KK). Selain itu, posko utama Situ Gintung juga akan membangun huntara sebanyak 24 ruangan di bekas tempat didirikannya tenda-tenda tersebut.(fiz)


Sumber : Serpongkita.com

Feeds





Who links to my website?