Daftar Buku

Tuesday 7 April 2009

Pemda Tangerang Optimis Tol Serpong-Cinere Terealisasi

M. Rizal Maslan - detikNews


Foto: ilustrasi

Jakarta - Warga masyarakat Depok dan Tangerang yang biasa bekerja di Jakarta, sebentar lagi tidak perlu pusing mencari jalur tercepat menuju ibukota. Rencana pembangunan ruas jalan tol Serpong-Cinere sepanjang 12,39 kilometer ini optimis bakal terealisasi.

"Proyek jalan tol Serpong-Cinere ini tendernya dimenangkan oleh Waskita Karya dan Thiess (Australia) ini tinggal menunggu waktu saja. Rencananya, akan melintasi sejumlah kawasan perumahan di Pondok Cabe, Pamulang, Ciputat dan Serpong," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, Benyamin Davni dalam rilisnya yang diterima detikcom, Rabu (4/3/2009).

Menurut Benyamin, ruas tol ini telah sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) Kabupaten Tangerang dan merupakan bagian rencana Jakarta Outer Ring Road (JORR) dua, "Penentuan lokasi sudah melewati kajian yang komprehensif dan penelitian yang sangat panjang. Mekanisme, studi kelayakan maupun analisis dampak lingkungan (amdal) dilakukan pemerintahan pusat. Pemda hanya membantu dalam pengadaan lahan" jelasnya.

Benyamin menjelaskan, ruas jalan tol Serpong-Cinere adalah bagian JORR II yang menyambung ke tol Cinere-Jagorawi atau Cimanggis, Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Cilincing hingga Tanjung Priok. Sementara, tol Serpong-Cinere (Depok) juga menembus ke tol Serpong-Bandara sehingga arus lalu lintas tidak terfokus di tol dalam kota Jakarta.

Selain memperlancar arus transportasi antar wilayah sebagai salah satu solusi kemacetan, lanjut Benyamin, pembangunan ruas tol Serpong-Cinere juga memperpendek jarak tempuh masyarakat ke tempat kerja atau sentra ekonomi demikian sebaliknya, dibanding dengan jalan biasa yang macet di beberapa titik simpul. Untuk jangka panjang menggerakkan roda perekonomian di kawasan ini sekaligus meningkat PAD.

"Peluang atau masalah tergantung dari sudut pandang masing-masing, kalau bagi pemda mestinya jadi nilai tambah. Di daerah Pondok Cabe dan Serpong misalnya, kita berharap jalan tol simpang susun (interchange) terealisasi. Terkait teknis interchange, Departemenlah yang mempertimbangkannya," ujarnya.

Berdasarkan data yang dilansir Subdit Pengembangan Jalan Bebas Hambatan Departemen Pekerjaan UMUM 2007 disebutkan pembangunan JORR II akan melintasi kawasan pemukiman elite di perumahan Moderhill yang dikembangkan PT Modernland Realty Tbk.

0 comments:

Feeds





Who links to my website?